Seringkali kita melihat ada statement “Tuhan akan memberikan apa yang kita inginkan kelak pada saat yang indah dan tepat” atau “Semua akan indah pada waktunya”

Tanpa sadar, ini bisa juga berarti kurang mensyukuri apa yang Tuhan berikan pada saat sekarang, kita berharap akan keselamatan akan masa depan yang belum mewujud, masa depan yang ilusi.

Kita sering merindukan dan menunggu keadaan yang makmur dan sejahtera.

padahal, kesejahteraan itu tidak dapat terwujud dimasa depan. Jika kita benar2 menghargai, mengakui dan menerima sepenuhnya realitas masa kini kita dimanapun kita berada, siapapun kita adanya dan apapun yang kita kerjakan pada saat ini, kita dapat bersyukur atas apa yg kita peroleh, bersyukur atas apa yang ada.

Bersyukur atas saat sekarang dan kelimpahan hidup sekarang merupakan kesejahteraan yang sebenarnya. Bahkan Tuhan telah memberikan keindahan itu di saat sekarang. 

Jika kita selalu punya sikap batin “semua akan indah pada waktunya kelak” kita tidak akan pernah bersyukur, karena kita selalu berharap akan keselamatan dan kesejahteraan di masa depan yang ilusif.

Walau kita menjadi sangat berkelimpahan, menjadi seorang bilyuner sekalipun misalnya, kita akan terus mengalami kondisi batin yang serba kekurangan dan kita terus-menerus merasa belum cukup, karena kita menunggu masa depan yang senyata2 belum mewujud.

Jadi, sikap batin menunggu adalah keadaan pikiran, kita dicengkeram pikiran, pikiran tidak mengenal saat sekarang, itulah bentuk ketidaksadaran. 

Saat kita harus menunggu sesuatu .. Sadarlah segera, lepaskan cengkeraman pikiran yg membawa kita berpengharapan ke masa depan.

Rasakan nafas, atau beristiqfarlah dalam hati dan rasakan istiqfar tersebut, itu akan membuat kita hadir di saat sekarang, dan kita tidak perlu menunggu apapun bila kita hidup disaat sekarang. (MB)

Related Posts

Keikhlasan bukan cara untuk jadi kaya

Rahasia sukses terkecil

Jangan mencari kedamaian

kesederhanaan adalah kesejahteraan

Kata sebagai produk pikiran

Kesuksesan Sejati

Comments

Reply comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *