Kebanyakan tidak menyadari bahwa ketidakmampuan menghentikan pikiran merupakan penderitaan yg mengerikan.

Karena hampir semua orang melakukannya, hal itu kita anggap sebagai sesuatu yang wajar. Gangguan mental yang tidak henti-hentinya ini mencegah kita menemukan dunia keteduhan batin yang tidak dapat dipisahkan dengan siapa adanya diri kita.

Pikiran juga menciptakan konsep palsu tentang segala sesuatu, semisal “cuaca hari ini sangat mengerikan” yang memantulkan bayang-bayang ketakutan dan penderitaan. Persepsi kita terhadap segala sesuatulah yang mengakibatkan penderitaan, bahkan persepsi baik sekalipun.

Perhatian kita selalu diserap oleh pikiran dan digunakan oleh pikiran untuk berpikir secara terus menerus secara kompulsif. Dan pikiranlah yang menciptakan penghalang atas Diri kita yang sejati. Pikiranlah yang membiakkan ketakutan dan kepedihan dalam kehidupan sehari-hari, dan dalam kehidupan bisnis Anda.

Dan Anda bicara tentang cinta kasih? Cinta kasih adalah status keberadaan tanpa pikiran, jangan coba menangkap cinta kasih dengan pikiran, itu sama halnya menangkap desiran angin dengan telapak tangan. Apabila kita sepenuhnya paham, kita akan melihat betapa pentingnya bagian yang dimainkan pikiran didalam kehidupan.

Pikiran memang ada tempatnya sendiri, tetapi dia tidak bisa berhubungan kita dengan cinta kasih, dengan kebenaran.

Kita mesti memahami pikiran itu sendiri, dan bukannya mencoba menangkap cinta kasih menggunakan pikiran dan mencoba memahami kebenaran menggunakan pikiran. Penyangkalan terhadap pikiran tidak membawa cinta kasih. Kebebasan terhadap pikiranlah yang mengantarkan kita padanya.

Manakala kita memahami sepenuhnya kerja pikiran yang merupakan pemahaman terhadap diri kita sendiri, dan Anda yg mewakili pikiran bertanya “Dengan apa saya bisa membebaskannya?” Jawabannya dengan Jeda, meditasi, muraqabah, tafakur atau apapun sebutannya bagi Anda.

Related Posts

Inner silence

Jangan mencari kedamaian

Keheningan

Comments

Reply comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *